Yuuk dagang online

Punya kerjaan yang enak tapi selalu mengeluh dengan gaji yang kecil atau kurang?

Kalo iya ada 2 pilihan yang bisa lo ambil:

  1. Cari kerjaan baru
  2. Cari penghasilan tambahan

Jika pilihan lo nomor 1 maka tulisan gue bukan solusinya. Karena gue bukan karyawan/pegawai jadi gue ga tau cara dapetin pekerjaan :p

Jika lo memilih nomor 2, maka akan gue kasih solusinya. Karena gue seorang pengangguran yang bisa ngasih banyak ide kreatif biar lo tetap hidup di tanah air 😉

Ada banyak cara mencari penghasilan tambahan, khususnya bagi lo yang sambil bekerja. Yang paling mudah dijalani adalah Dagang atau berjualan.

Apapun bisa lo jual, mungkin kreativitas lo, barang koleksi lo, barang dari mantan lo de el el, asal jangan jual diri lo aja!

“Kenapa dagang?”

Karena saat ini banyak banget platform atau media yang membantu dan memudahkan kita berjualan.

Kalo jaman baheula (dulu) berjualan itu diharuskan tatap muka antara pembeli dan penjual dalam sebuah tempat lalu dimulailah transaksi. Nah.. jaman modern gini apa yang dilakukan pada jaman baheula masih dimungkinkan namun itu namanya jadul alias jaman dulu!!

Di era serba internet saat ini hampir setiap orang memiliki gadget dan internet. Itu artinya dunia udah ada didalam genggaman lo dan ga ada batasnya.

Bohonglah kalo lo ga punya gadget, walau mungkin aja masih ada seperti salah satu teman SMA gue hehehe…

Punya email? Whatsapp? BBM? Line? KakaoTalk? atau hanya bisa SMS dan internetnya nebeng dikantor? jelas BISA. Dengan modal tsb lo udah memulai membuka jalur komunikasi untuk pembeli.

“Ok, sekarang apa yang akan dijual?”

Pertanyaan itu sering banget gue dapet kalo lagi ngorbol dengan temen gue yang secara finansial lebih dari cukup namun ingin dagang tapi bingung mau dagang apa.

Aneh? gak kok! sebenernya mereka belum melihat peluang aja.

Kalo lo punya koneksi internet ngebut (baik di kantor atau di rumah) bisa lo manfaatkan untuk mendownload berbagai macam hal. Ga hanya untuk lo simpen sendiri di dalam hardisk tapi juga bisa lo jualin dan ngasilin uang.

Sedikit buka resep dagang, gue sendiri jualan seperti itu 😀

Gue lagi dapet promo koneksi internet dengan kecepatan 2MB selama 6 bulan (sekarang tersisa tinggal beberapa hari).

Gue suka banget download video learning di internet, karena gue suka belajar banyak hal baru yang belum ada di Indonesia namun udah mulai di luar negeri sana.

Koleksi gue ada banyak video untuk programing, problem solving, bisnis dll. Ga hanya video aja sebenernya game, software, dorama (drama) dll juga ada. Semuanya gue susun rapi dan gue bikin dalam bentuk katalog kemudian gue jual di internet 😀

Ga hanya dari download aja, gue juga punya banyak koleksi yang kelamaan tersimpan dilemari dan karena tidak digunakan jadi harus dijual. Ada video game, action figure, perangkat komputer bahkan kotak dus/box pun ada yang mau beli lho!!

Kalo jual barang koleksi harga bisa lo sesuaikan dan tidak harus mengikuti harga pasar, apalagi rare/langka dan peminatnya banyak. Wew.. itu bisa jadi rebutan pembeli yang rela ngeluarin duit lebih banyak dibandingkan dari harga yang lo beli sebelumnya.

“Lalu jualnya kemana?”

Yang pasti di internet!
Ada banyak media yang bisa digunakan. Ada sosial media, blog, forum, milis, market place, classified ads dll.

Media yang paling sering gue gunakan itu blog, forum dan market place. Karena baru 3 hal tsb yang gue coba yang lainnya masih gue pelajari.

“Blog dan Forum untuk apa?”

Blog dan Forum merupakan media yang paling ramai dikunjungi di indonesia. Penggunaannya pun mudah tidak seperti menghitung rumus kalkulus atau bikin algoritma.

Cukup membuat sebuah tulisan yang ringan dan enak dibaca dan biarkan pengunjung datang untuk membaca atau mengomentari tulisan kalian.

“Lalu dari mana datang pengunjung blog atau forum?”

Orang Indonesia jika mencari sesuatu pasti akan melakukan pencarian melalui Google dari web browser mereka. Dan jika kata kunci yang mereka cari sesuai maka bisa saja tulisan yang berada di blog atau forum yang telah kalian tulis akan dikunjungi mereka.

Dari situlah kita bisa mendapatkan pengunjung dan calon pembeli 🙂

“Lalu, Market Place itu makanan apa Ky?”

Yang jelas bukan makanan yaa. Mungkin lo semua sering dan seneng banget belanja di Berniaga.com, Dinomarket.com, Tokopedia.com, Tokobagus.com, Bukalapak.com dll. Well.. itu namanya Market Place.

Di tempat tsb lah lo bisa naro barang dagangan dan mencantumkan harganya. Dan agar cepat terjual jangan lupa membuat deskripsi dagangan yang sejelas-jelasnya agar calon pembeli yakin dan membeli barang dagangan kalian.

Satu hal yang mungkin menjadi tantangan di Market Place ini adalah banyaknya kompetitor. Karena dalam satu tempat akan bertemu dengan banyaknya ribuan pedagang. Kurang lebih seperti dalam 1 Mall terdiri dari banyak pedagang/toko yang berjualan.

Jika kalian berjualan barang yang sama dengan dengan pedagang lain bersiaplah perang harga dan jasa pelayanan. Namun jika barang yang kalian jual unik dan tidak mudah diduplikasi oleh pedangan lain maka peluang/kesempatan lo mendapatkan pembeli jauh lebih besar.

“Gimana dengan jualan di Facebook, Instagram, Vine atau Twitter Ky?”

Itu juga bisa dan memang sedang populer saat ini di Indonesia. Gue sendiri belum menggunakan media ini untuk berjualan karena gue pribadi tidak aktif di sosial media 😀

Berjualan di sosial media merupakan cara efektif apalagi sudah memiliki banyak teman dan follower, udah dipastikan merekalah calon pembeli pasti produk lo.

Sosial Media kurang lebih sama dengan di blog atau di forum, dimana lo harus membuat sebuah konten yang kreatif untuk dapat dikunjungi dan di follow oleh pengunjung. Sekali mendapatkan pengunjung maka merekalah yang akan selalu setia melihat info dari setiap postingan sosial media.

“Ah itu karena lo orang IT jadi gampang bicara seperti itu Ky!”

Eits.. jangan salah! orang yang dagang di internet mayoritas adalah orang yang bukan sekolah, kuliah dan kerja di IT tapi mereka punya passion terhadap dagang dan internet. Bahkan banyak penjual online yang gue temukan (hasil dari setiap meetup atau COD dengan buyer yang ternyata seller) adalah orang awam IT namun punya semangat dalam berdagang.

Gue sendiri sebenarnya masih newbie (pemain baru dan masih banyak belajar) dan jujur gue belajar dari mereka yang gue temui selama ini.

Omset para pedagang di internet bervariasi ada yang sedikit bahkan ada yang melibihi gaji lo (yang lagi baca tulisan ini). Ga percaya?

Coba sekali-kali ikut gue meetup dengan para pedagang online dan tanyakan sendiri omset mereka.

Tapi perlu diingat ya!!

Omset yang mereka dapat ga dalam sekejap langsung dapat banyak dan ada kerja keras disana. Jadi ga akan mungkin kalo lo besok dagang online terus dalam seminggu punya pendapatan 10 juta. Yang pasti ada keringat dan perjuangan dari awal dagang hingga akhirnya mereka mendapatkan omset yang besar.

“Lalu bagaimana dengan omset lo ky?”

Berhubung gue jualan hanya untuk menambah uang operasional dan biaya riset (maklum startup) omset yang gue peroleh tidak banyak seperti para pedagang yang memang berjualan di internet. Karena barang yang gue jual terlalu spesifik (dibidang tertentu) dan tidak banyak dibutuhkan orang.

“Ok Ky gue udah paham dikit nih tentang dagang online. Lalu selanjutnya gue mulai dari mana?”

Hehehe.. nanyanya sama lagi 😀

Mulai dari:

  1. Barang yang ingin lo jual itu apa?
  2. Survei harga pasar jika barang tsb banyak dipasaran
  3. Bikin atau buat akun untuk sosial media, blog, forum atau Market Place yang ingin lo gunakan
  4. Upload foto barang dagangan dan berikan harga
  5. Mulai tawarkan ke teman dekat lo melalui Sosial Media, Whatsapp, BBM dll
  6. Perbanyak network/teman. Bisa dari acara arisan, reuni, syukuran, 7 bulanan de el el asal jangan pas acara kematian lo promosiin barang! Itu ga sopan!! hehehe..
  7. Mulai bagi dan mempersiapkan waktu setelah selesai bekerja untuk aktif di media yang digunakan berjualan

Yang terpenting:
Jangan malu untuk berjualan dan mulailah dari sekarang. Karena lo ga akan tau hasilnya jika belum dicoba. Satu hal lagi Nabi kita (umat Islam) adalah Muhammad SAW merupakan pedagang jadi ga salah kalo lo memulai berdagang 🙂

This entry was posted in Opini.

2 comments on “Yuuk dagang online

  1. ridu berkata:

    Jiwa gue bukan di dagang, jd agak susah guenya. Tp selain gue freelance gue juga menekuni bisnis dalam bidang jasa di dunia maya, lebih ke arah menerima jasa ketimbang nawarin jasa. Hehe

Tinggalkan komentar